Cara Polres Kudus Tangkal Hoaks dan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat :: Jokowi Akan Ubah Desain Dana Desa pada Tahun 2018 :: Presiden Akui Ada 900 Kades Tersangkut Kasus Dana Desa :: Gerakan Belajar 1821 :: Komnas HAM: Eksekusi Mati di Era Jokowi Lebih Banyak Daripada Era SBY ::

BPHN Kemenkum HAM Siapkan Aplikasi Konsultasi Hukum

Diposting oleh : LKBH STAIN Kudus
Selasa, 18 Juli 2017 - 15:36:22 WIB



GATRAnews  -   Tuesday, 18 July 2017 02:45    | Hukum     
Aplikasi Legal Smart Channel (Google Play/AK9)
Jakarta, GATRAnews - Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) membuat aplikasi Smart Channel untuk melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi soal permasalahan hukum secara gratis.
"Aplikasi ini bertujuan mempermudah akses masyarakat terhadap  jasa konsultansi hukum yang cepat, tepat, sederhana, berkualitas, dan tanpa dipungut biaya alias gratis," kata Rachmat Abdillah, Kepala Sub Bidang Pengembangan Penyuluhan Hukum Kemenkum HAM dalam pesan tertulis, Senin (17/7).

Rachmat melanjutkan, masyarakat di seluruh Indonesia yang memiliki keluhan permasalahan hukum dapat bertanya melalui apikasi Legal Smart Channel yang akan dijawan langsung oleh para fungsional penyuluh hukum BPHN.
 
Adapun salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini, ujar Rachmat, adalah Layanan Konsultasi Hukum gratis secara online kepada masyarakat yang membutuhkan solusi atas permasalahan hukum mereka.

Namun, jika permasalahan hukum dirasakan cukup pelik dan perlunya melakukan konsultasi hukum secara tatap muka, masyarakat dapat menemui para penyuluh hukum yang berada di tiap Kantor Wilayah Kemenkum HAM, atau datang ke Badan Pembinaan Hukum Nasional yang beralamat di Jalan Mayjen Soetoyo No. 10 Cililitan, Jakarta Timur. "Penyuluh Hukum selalu stand by,' kata Rachmat.

Menurutnya, layanan dari apikasi Legal Smart Channel diharapankan juga dapat mewujudkan salah satu program nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.
Maka bagi masyarakat Indonesia yang memiliki permasalahan
hukum, supaya dapat mengakses aplikasi tersebut.

Menurut Rachmat, supaya tidak ragu memanfaatkan jasa penyuluh hukum secara
gratis melalui aplikasi yang diciptakan BPHN pada 2015 lalu. "Tidak ada pungutan biaya," ujarnya.

Rachmat melanjutkan, aplikasi ini memiliki beberapa fitur lainnya, seperti BPHNTV memuat film pendek dan film dokumenter penyuluhan hukum dan bantuan hukum, BPHN Radio memuat siaran radio yang membahas mengenai tema-tema hukum, Peta Akses Bantuan Hukum memuat data-data sebaran organisasi bantuan hukum, dan penyuluh hukum dan Rumah Tahanan (Rutan) di seluruh Indonesia.

"Aplikasi ini dapat juga didownload di smartphone via Playstore di Android dan App Store pada iOS atau dapat di akses di lsc.bphn.go.id," kata
Rachmat. Reporter: Iwan Sutiawan
Sumber: https://www.gatra.com/hukum/274479-bphn-kemenkum-ham-siapkan-aplikasi-konsultasi-hukum



Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

Penyuluhan dan Pembinaan Hukum
Tgl: 1-1-2016 s/d 31-12-2016
Jam: 08.00 sd 16.00
Diskusi Hukum IV
Tgl: 10-11-2016 s/d 10-11-2016
Jam: 09.00 WIB sampai selesai
Seminar Hukum
Tgl: 6-10-2016 s/d 6-10-2016
Jam: 08.30 sampai selesa

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube