UU Perlindungan Anak Dinilai Ganggu Independensi Jaksa :: Menpan-RB: Honorer Harus Ikut Tes CPNS :: Cegah Korupsi Dana Desa, BPK Diminta Membina Kepala Desa :: Jokowi: Perpres Pendidikan Karakter Bentengi Anak dari Budaya Luar :: Penerapan Perpres Pendidikan Karakter Perlu Penyesesuaian ::

Wujudkan Kota HAM Lewat Partisipasi Warga

Diposting oleh : LKBH STAIN Kudus
Kamis, 07 September 2017 - 10:02:19 WIB

Tuesday, 29 August 2017 05:43 

Jakarta, GATRAnews – Salah satu pendiri Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST), H.S Dillon mengatakan, konsep Kota HAM tidak saja menyatakan pengakuan atas penghormatan HAM, tetapi juga kerangka pelaksanaan penghormatan HAM oleh pemerintah daerah.


Tujuan Kota HAM, lanjut Dillon, adalah untuk menciptakan tata kelola HAM pada tataran pemerintah lokal melalui kerjasama untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat berdasarkan norma dan standar HAM.

"Terus bertambahnya kota HAM sangat penting dalam merealisasikan pemenuhan HAM di seluruh dunia dan sesuai dengan tujuan 2048 yang memiliki visi terciptanya kovenan HAM internasional yang berlaku global," ungkapnya di Jakarta, Senin (28/8/).


Sementra, Direktur Operasional FIHRRST Bahtiar Manurung menyatakan dari berbagai inisiatif penyusunan kota HAM, terdapat dua kriteria kunci pembentukan kota HAM.


Pertama, melalui pendekatan bottom-up, dimulai dari warga kota dengan melakukan dialog terbuka dan sukarela yang memberikan warga kesempatan mengeluarkan pendapat mereka tentang hak-hak yang mereka inginkan disertakan dalam piagam HAM.


"Kedua, diperlukan sistem pengawasan yang memungkinkan warga kota mengawasi dan menelaah tindakan pemerintah dalam pemenuhan komitmen atau piagam HAM kota," kata Bahtiar.


Tujuan tercapainya kota HAM di seluruh dunia telah mulai diperkenalkan di Indonesia sejak bulan April 2015 bersamaan dengan peringatan 60 tahun konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan di Bandung.


Agar kota HAM dapat menjadi kendaraan yang dapat mengantarkan ke tujuan pemenuhan HAM masyarakat perkotaan, perlu dibangun pemahaman bersama tentang pengertian dan proses penyusunan kota HAM.


"Website HRRC menyajikan analisa mekanisme penyusunan kota HAM yang ada di Indonesia dan di berbagai kota di negara lain, bersama dengan aspek-aspek utama yang dapat dijadikan acuan bagi pemerintah kota yang berkomitmen menjadi kota HAM," jelas Bahtiar.


Sumber : https://www.gatra.com/nusantara/nasional/281090-wujudkan-kota-ham-lewat-partisipasi-warga




Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

Penyuluhan dan Pembinaan Hukum
Tgl: 1-1-2016 s/d 31-12-2016
Jam: 08.00 sd 16.00
Diskusi Hukum IV
Tgl: 10-11-2016 s/d 10-11-2016
Jam: 09.00 WIB sampai selesai
Seminar Hukum
Tgl: 6-10-2016 s/d 6-10-2016
Jam: 08.30 sampai selesa

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube